Wednesday 10 April 2013

Kumpulan Situs Bermanfaat Bagi Para Blogger dan Websiter

My Page Rank (www.mypagerank.net)

My Page Rank
Website ini menyediakan banyak fitur untuk  menganalisis serta optimisasi blog anda. Saya sangat menyarankan MyPageRank kepada anda,makanya saya tempatkan situs ini di urutan paling atas. Fitur yang tersedia di website ini diantaranya  SEO Stats, Ping Service, Sitemap Submitter, Spider View, Meta Tag Analysis, Links Check, Smilie Creator, Social bookmark, dan masih banyak lagi..

Alexa (www.alexa.com)

Alexa Web Service

Ingin tahu situs yang anda kelola menempati ranking berapa? Alexa.com dapat menampilkan ranking blog anda secara global. Anda juga dapat mengetahui kata kunci/keyword apa saja yang mengarahkan para pengguna internet ke situs milik anda. Jika menjadi member Alexa.com , kita dapat mendaftarkan situs milik kita ke database Alexa.com .Dan apabila menjadi Premium Member (berbayar) , kita mendapat tips serta cara untuk meningkatkan performa blog kita.

Google Webmaster (developer.google.com/webmaster )

Google Webmaster
Produk Google yang satu ini dapat menganalisa informasi secara detil dari situs yang anda miliki. Mulai dari kata kunci/keyword apa saja yang membuat situs anda dikunjungi, cek link berbahaya di situs milik anda, kumpulan tips,  kesehatan situs anda, dan masih banyak lagi fitur bermanfaat yang anda dapat temukan di Google Webmaster. Oo iya , jika anda ingin menggunakan Google Webmaster , anda harus memiliki akun Google (Gmail) untuk proses Login.

SEO Site Checkup (www.seositecheckup.com)

SEO Site Checkup
Mampu menghasilkan analisa bagi situs anda secara detail , hampir menyamai Webmaster. Anda tidak perlu Login untuk menggunakan fitur di website ini , cukup ketikkan alamat situs anda dan hasil analisa akan muncul dengan segera. Dengan cepat akan ditampilkan bagian mana saja dari situs yang error dan solusi untuk memperbaikinya.

Scrub The Web (www.scrubtheweb.com)

Scrub The Web
Berfungsi sebagai analyzer , yakni akan memeriksa bagian mana saja dari blog anda yang mengalami error dan solusi serta tips untuk memperbaiki blog anda. Disini juga tersedia fitur Meta Tag Generator dan Site-Submitter.

W3 Validator (validator.w3.org)

W3C Validator

Sesuai dengan namanya (Validator) , website ini akan memvalidasi file HTML, CSS, Javasript, serta Link yang ada di dalam situs anda. Anda dapat mengecek elemen tersebut dan temukan elemen apa saja yang mengalami error. Sebab semakin banyak elemen yang error akan berdampak pada kecepatan loading blog dan posisi blog di mesin pencari.

Speed Page Google

Seberapa cepatkah situs anda? Ketahui kecepatan loading situs dengan menggunakan layanan Speed Page milik Google . Speed Page akan mengecek kecepatan loading blog anda melalui versi Desktop dan versi Mobile.
Semakin besar nilai yang diberikan ,maka semakin cepat blog anda. Blog razakpark.blogspot.com ini mendapat nilai 93 untuk versi desktop dan 85 untuk versi Mobile.
Anda juga dapat mengetahui bagian dari blog anda yang menyebabkan kecepatan loading blog menurun.

Gtmetrix (www.gtmetrix.com)

GTmetrix

Gtmetrix akan menghitung kecepatan blog anda dengan dua metode sekaligus , yaitu dengan Gtmetrix sendiri dan dengan Yslow. Jadi perhitungan blog akan ditampilkan dengan dua nilai (nilai dari Gtmetix dan Yslow). Disini juga akan ditampilkan faktor yang menyebabkan penurunan kecepatan situs anda.

Pingdom Tool (www.pingdom.com)

Pingdom Tool

Sama dengan Speed Page Google dan Gtmetrix , fungsi utama dari developer ini adalah menghitung kecepatan loading sebuah website dan menunjukkan faktor apa saja yang menyebabkan waktu loading situs menjadi lama. Nilai kecepatan yang diberikan adalah nilai yang diambil secara rata-rata.
Secara rata-rata blog razakpark.blogspot.com mendapat nilai 78 , cukup bagus untuk sebuah nilai rata-rata.^_^

Copyrighted (www.copyrighted.com)

Copyrighted

Ingin melindungi tulisan artikel blog anda agar tidak sembarangan di copy paste? Pergi saja ke www.copyrighted.com ! Anda dapat mendaftarkan konten blog, gambar, musik, dan karya cipta agar mendapat hak cipta pembuatan,sehingga orang yang sembarangan copy paste akan diberi peringatan. Fitur ini dapat digunakan dengan mudah, cukup daftar menjadi anggota/member dan klaim website milik anda ! Tenang, semuanya gratis kok..

DMCA (www.dmca.com)
DMCA
Fungsinya sih sama dengan Copyrighted yaitu melindungi konten dari sebuah website/blog dari serangan tukang copas. Tetapi bedanya jika kita menjadi member pro (anggota berbayar) kita dapat menggugat website orang lain yang jelas-jelas mengcopy karya cipta milik kita tanpa seizin terlebih dahulu (disebut dengan DMCA Takedown). Tetapi bagi member gratisan seperti saya hanya dapat memproteksi konten blog saja (Hehehe..) .Website/blog yang terdaftar otomatis akan di proteksi setelah 24 jam terhitung sejak waktu pendaftaran.

Google DMCA (www.google.com/dmca)

Google DMCA

Bagi anda yang ingin melaporkan blog yang isinya mengcopy konten blog anda tanpa izin, anda dapat melaporkannya kepada Google DMCA (Gratis) dan 100% berkerja. Namun sayangnya baru situs berbasis blogspot.com yang dapat dilaporkan .Tapi ingat, jangan menggugat artikel orang lain sembarangan. Pastikan artikel tersebut memang milik anda .Jika tidak Google akan memberi penalti kepada blog yang anda kelola .Anda tinggal mengisi formulir lalu laporkan blog tersebut, tunggu hingga 4-5 hari barulah hasil akan terlihat.

Ok, sekian dulu sharing informasi dari saya. Semoga bermanfaat !

3 comments:

  1. thanks infonya, ane coba dulu gan beberapa site di atas

    ReplyDelete
  2. Bagus nih bro untuk para blogger kayak saya :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah secara baik dan sopan , hindari pesan SARA dan SPAM.
Saya ucapkan banyak termakasih atas komentar yang anda tinggalkan. ^_^