Wednesday 24 April 2013

Cara Cek Sebuah Website Aman atau Tidak

cara mengetes keamanan situs
Is the website safe?
Akhir – akhir ini tingkat penyebaran virus , malware , atau program jahat lainnya semakin meningkat saja. Banyak sudah komputer yang terjangkit oleh program jahat ini , tak luput juga website menjadi sasaran untuk dijangkiti sebuah malware dan virus. Karena selain flashdisk , website juga dikenal sebagai media penyebaran virus terbesar di dunia.

Hal tersebut wajar karena semakin hari semakin banyak masyarakat yang menggunakan layanan internet. Nah , untuk menghindari hal tersebut kita dapat memasang program antivirus yang berjenis internet security. Tetapi beberapa antivirus terkadang tidak mendeteksi sebuah website sebagai ancaman padahal website tersebut mengandung sebuah program jahat utuk menyerang komputer milik kita , maka dari itu anda dapat menggunakan layanan scan website online berikut ini.
Bagi anda yang seorang blogger atau pemilik website , anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengecek ada atau tidak script/malware code berbahaya di situs milik anda :

  1. Norton Safe Web, from Symantec .Website scan ini milik developer antivirus terkemuka Norton Antivirus (Symantec). Dengan ini anda dapat menganalisa sebuah website dan efek apa yang akan ditimbulkan website tersebut kepada sebuah komputer.
  2. McAfee SiteAdvisor Software – Website Safety Rating . Developer antivirus McAfee juga menyediakan layanan scan online website. Tes sebuah website dari sebuah spyware , spam , dan scam sehingga anda dapat browsing dengan aman.
  3. AVG Online Web Page Scanner . Cek keamanan sebuah website yang anda kunjungi. Fitur Link Scanner akan memeriksa halaman web secara real-time untuk mengecek ada atau tidaknya konten yang mencurigakan.
  4. Google Safe Browsing diagnostics . Google tak mau kalah mengeluarkan layanan scan website.  Dengan menggunakan metode algoritma otomatis dan laporan website berbahaya dari pengguna internet seluruh dunia , Google Safe Browsing dapat menganalisa situs yang mengandung konten berbahaya. Untuk menggunakan layanan ini silahkan akses sebuah website http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=SITUS-MILIK-ANDA . Ganti tulisan SITUS-MILIK-ANDA dengan alamat situs yang ingin anda cek keamanannya. Contoh : http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=razakpark.blogspot.com
  5. WOT Web of Trust atau Webutation. Mengecek rating sebuah website (Website yang mengandung program jahat seringkali memiliki rating rendah).
  6. Sucuri Security Scanner . Scanner ini akan memperingatkan anda jika menemukan sebuah Malware , Spam , dan masalah keamanan web.
  7. BrightCloud . Penyedia layanan analisis konten , reputasi dan ancaman dari sebuah situs atau IP.
  8. PhishTank . PhishTank adalah situs komunitas gratis dimana setiap orang dapat melaporkan , mengecek dan berbagi situs phising. Masukkan sebuah situs di kotak “Is It a Phish?” untuk mengecek apakah halaman yang anda kunjungi sebuah halaman phising atau tidak.
  9. ScanURL.net . Layanan scanner website/URL/Link untuk mengecek halaman Phising, Malware dan Virus.
  10. F-Secure Browsing Protection Portal . Sebuah Link Checker dan mendeteksi program berbahaya.
Jika ada salah satu website yang bermasalah tolong berikan komentar agar isi artikel dapat saya perbaharui. Terimakasih,

1 comment:

Berkomentarlah secara baik dan sopan , hindari pesan SARA dan SPAM.
Saya ucapkan banyak termakasih atas komentar yang anda tinggalkan. ^_^